skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Lakukan 4 Langkah Sederhana Penghematan Energi Ini Di Rumah!

Lakukan 4 Langkah Sederhana Penghematan Energi Ini di Rumah!

Menghemat energi di rumah tidak hanya baik untuk lingkungan, namun juga dapat membantu menurunkan tagihan energi Anda dan menghemat uang Anda setiap bulan. Hal-hal sederhana seperti membuat keputusan cerdas ketika memilih peralatan, memperhatikan konsumsi energi harian Anda, dan mengadopsi beberapa kebiasaan hemat energi sederhana hanyalah beberapa cara penghematan energi yang bisa dilakukan di rumah. Inilah yang dapat Anda lakukan hari ini untuk mengurangi konsumsi energi dan menurunkan tagihan energi Anda:

  1. Memanfaatkan Cahaya Alami

penghematan energi cahaya alami

Salah satu cara termudah untuk menghemat energi di rumah adalah menggunakan cahaya alami semaksimal mungkin. Cukup membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk, bisa sangat mengurangi penggunaan listrik Anda. Hal ini jelas sangat bagus untuk lingkungan dan rekening listrik Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya alami juga meningkatkan kadar serotonin di otak, yang berarti Anda akan merasa lebih bahagia dan lebih rileks juga.

Untuk meningkatkan penggunaan cahaya alami di rumah Anda, cobalah mengatur ruang kerja Anda dan area yang sering digunakan di rumah Anda agar sinar matahari memenuhi area tersebut di siang hari. Anda juga dapat memasang tirai yang memberikan privasi, namun tetap bisa membiarkan cahaya alami masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Audit Energi Listrik: Cara Mudah Menghitung Penghematan Energi

  1. Cabut Peralatan Tak Terpakai

penghematan energi matikan perangkat

Sebagian besar peralatan di rumah Anda masih menggunakan listrik bahkan ketika dimatikan. Untuk melakukan penghematan energi membutuhkan sedikit usaha dengan mengadopsi kebiasaan sederhana ini ke dalam rutinitas harian Anda:

Cabut perangkat saat Anda tidak menggunakannya. Komputer menggunakan banyak energi meski kondisinya sleep , jadi pastikan untuk menyalakan komputer Anda hanya ketika benar-benar digunakan. Salah satu cara mudah untuk mengelola peralatan Anda adalah dengan membeli strip daya yang memungkinkan Anda mematikan daya ke beberapa peralatan hanya dengan menekan satu sakelar.

Baca juga: Manfaat Konservasi Energi Dilihat dari Segi Lingkungan

  1. Kurangi Penggunaan Peralatan

penghematan energi kurangi peralatan

Menggunakan peralatan yang lebih sedikit mungkin membutuhkan waktu untuk terbiasa, tetapi Anda dapat menghemat banyak energi dengan mengurangi penggunaan alat Anda. Misalnya, banyak orang mencuci pakaian lebih dari yang dibutuhkan. Dengan mencuci lebih sedikit muatan per minggu, Anda dapat menghemat sejumlah besar listrik.

Anda juga dapat mengurangi ketergantungan Anda pada pengering dengan menggantung pakaian di halaman belakang Anda. Adapun strategi konservasi energi rumah yang baik lainnya yaitu, seperti membatasi memasak dan memanggang, lakukan hanya sekali seminggu.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Kenapa Konservasi Energi Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup Anda!

  1. Batasi Waktu Mandi dan Gunakan Sedikit Mungkin Air Panas

penghematan energi gunakan shower

Dibutuhkan banyak energi untuk memanaskan tangki air, jadi perhatikan seberapa banyak air panas yang Anda konsumsi di rumah juga dapat berdampak besar pada tagihan energi Anda. Untuk memulai, pastikan bahwa pemanas air panas Anda terisolasi dengan baik sehingga tidak kehilangan banyak panas. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam pemanas air yang tidak menggunakan lampu indikator yang terus menyala.

Jika Anda suka mandi lebih dari dua kali dalam sehari, pertimbangkan untuk menguranginya, apalagi jika kamar mandi Anda masih menggunakan bak air. Mengisi bak mandi cenderung menggunakan lebih banyak air daripada mandi menggunakan shower. Ketika Anda mandi, cobalah untuk membatasi waktu Anda dan gunakan lebih sedikit air panas.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Kecil Ini Untuk Kesehatan Lingkungan yang Lebih Baik!

Ini hanyalah beberapa cara Anda dapat menghemat energi di rumah. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat membantu mengurangi penggunaan listrik Anda dan menurunkan tagihan energi Anda. Memilih rencana listrik yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda juga dapat membantu mengurangi tagihan energi Anda. Jika 900 watt masih bisa mencukupi kebutuhan Anda, kenapa harus memasang 1300 watt?

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mengontrol tagihan energi Anda dan berapa banyak Anda bisa melakukan penghematan energi, mulailah gunakan Audit Energi Listrik sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top