skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Tahukah Anda Pentingnya Penanaman Pohon Untuk Konservasi Energi?

Tahukah Anda Pentingnya Penanaman Pohon untuk Konservasi Energi?

Pernahkah Anda mendengar bahwa dengan menanam pohon dan semak di tempat yang tepat di sekitar rumah Anda dapat menghemat energi? Maka secara tidak langsung, dengan penanaman pohon di lingkungan rumah, Anda dapat memangkas tagihan energi di rumah Anda. Dengan menanam pohon, rumah akan terasa teduh dan sejuk, sehingga Anda tidak perlu sering-sering menyalakan kipas angin ataupun AC. Coba hitung berapa rupiah yang selama ini Anda keluarkan karena pemakaian dua benda ini?

Berikut ini adalah tips cepat untuk membantu Anda memulai penghematan energi seumur hidup melalui penanaman pohon yang memiliki tujuan menghijaukan dan menyelamatkan kantong Anda!

Penanaman Pohon pada Cuaca Dingin

penanaman pohon kecil

Jika tujuan Anda menanam pohon untuk memotong angin musim dingin sebelum memasuki rumah Anda. Sebaiknya Anda tidak menanam pohon di sisi rumah yang akan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam rumah. Sinar matahari secara alami akan membantu rumah terasa hangat di cuaca dingin. Untuk mencapai kedua hasil tersebut, prioritas pertama Anda adalah menanam pohon atau semak tinggi dalam jarak 20–50 kaki dari jendela yang menghadap ke barat. Anda harus memilih spesies yang selalu hijau karena akan menghalangi angin musim dingin masuk melalui jendela, dan memberi Anda naungan musim panas terbaik. Atau, jika Anda memiliki ruang di halaman Anda, Anda juga bisa menanam penahan angin. Deretan pohon cemara yang berjarak 10-20 kaki dan ditanam berderet tegak lurus ke arah angin musim dingin bisa jadi pilihan yang terbaik.

Baca juga: Kiat Asyik dan Praktis untuk Melestarikan Pepohonan

Penanaman Pohon untuk Cuaca Panas

penanaman pohon-pohon

Untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk, Anda harus menanam pohon di sisi barat dan timur rumah Anda. Tujuan Anda menanam pohon adalah untuk mengurangi panas matahari musim panas yang masuk ke rumah Anda melalui jendela. Pada saat ini, Anda bisa memutuskan untuk menanam tanaman-tanaman hijau di sisi utara dan barat rumah Anda karena akan membuat Anda tetap hangat di musim dingin. Pohon-pohon itu juga akan melindungi jendela Anda dari panas matahari di musim panas. Saat menanam di dekat jendela di sisi timur rumah, Anda harus memilih pohon dengan daun yang rindang. Anda juga dapat menanam pohon atau semak di dekat unit AC Anda untuk memblokir matahari, meningkatkan efisiensinya hingga sepuluh persen.

Penanaman Pohon yang Tidak Dianjurkan

penanaman pohon

Anda harus menghindari penanaman pohon di depan jendela di sisi selatan rumah Anda, karena mereka dapat menghalangi panas matahari yang dapat diperoleh di saat cuaca dingin. Pohon yang ditanam di daerah ini tidak memberikan manfaat naungan karena sudut matahari selama musim kemarau di Indonesia. Jika Anda benar-benar harus meletakkan pohon di dekat jendela selatan Anda, pilih pohon dengan daun kecil.

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa kiat lain yang perlu diingat:

  • Tanam pohon yang saat bertumbuh tingginya tidak akan mengganggu saluran listrik atau struktur rumah Anda.
  • Tanam pohon dengan jarak tidak lebih dekat dari sepuluh kaki ke rumah Anda tetapi dalam jarak 50 kaki.
  • Pilih pohon / semak yang akan cocok dengan ruang, cahaya, dan kondisi tanah Anda yang unik, pastikan pohon tersebut merupakan spesies yang tahan terhadap kerusakan akibat penyakit dan serangga.
  • Pastikan untuk menanam spesies pohon dengan kayu yang kuat karena akan dekat dengan struktur rumah Anda, dan pantau untuk menjaga struktur dan keamanannya. Mintalah seorang ahli arborist profesional atau orang yang merawat jika Anda memerlukan bantuan dengan perawatan atau pemilihan pohon.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat dan Melindungi Tanaman untuk Kesehatan Lingkungan yang Lebih Baik

Ternyata dalam hubungannya dengan konservasi energi, ada banyak hal yang perlu kita ketahui soal penanaman pohon agar dampaknya lebih terasa. Selamat menanam pohon dan mari selamatkan lebih banyak energi agar semakin sehat bumi kita!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top