skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
5 Cara Mudah Merawat Dan Melindungi Tanaman Untuk Kesehatan Lingkungan Yang Lebih Baik

5 Cara Mudah Merawat dan Melindungi Tanaman untuk Kesehatan Lingkungan yang Lebih Baik

Pemanasan global memang bukan hal yang mudah untuk dihadapi. Namun tenang saja, selama masih ada yang menyadari pentingnya untuk menjadi agen perubahan di bidang lingkungan, bumi akan tetap ada. Salah satu cara mudah untuk menjadi agen perubahan dalam rangka menyelamatkan bumi yaitu dengan merawat dan melindungi tanaman.

Jika kita semua mulai melakukan perubahan positif, sekecil apapun, akan selalu ada harapan bahwa kita dapat mulai mengembalikan dunia ke keseimbangan alaminya. Jadi apakah Anda siap untuk memulai lima langkah mudah merawat dan melindungi  tanaman?

Yuk Merawat dan Melindungi Tanaman!

Tumbuhan adalah tulang punggung semua kehidupan. Tanpa tanaman; udara, makanan, air, beberapa obat-obatan dan, tentu saja, produk kecantikan alami dan organik kita tidak akan pernah ada! Dengan menyadari hal tersebut, kini Anda bisa membayangkan jika di bumi sudah benar-benar tidak ada tanaman? Akan seperti apakah bumi kita nantinya? Sayangnya selain ketidakpedulian manusia, masih ada beberapa ancaman utama yang dihadapi keanekaragaman tumbuhan, meliputi:

merawat dan melindungi tanaman hilang habitat

  1. Hilangnya habitat dan degradasi
  2. Polusi dan penyakit
  3. Perubahan iklim

Baca juga: 5 Langkah Lanjutan Mengajarkan Hemat Listrik kepada Anak

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 5 hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu melestarikan dan melindungi tanaman dari ancaman ini. Apa sajakah itu?

Satu, Buat Kebun di Rumah Sendiri

merawat dan melindungi tanaman lewat kebun sendiri

Menginvestasikan sejumlah dana dengan membuat kebun yang berisi tanaman-tanaman yang bisa Anda makan sangat efektif untuk menghemat banyak uang. Selain menghemat uang belanja, tentunya Anda bisa langsung memetik sayuran segar dari kebun Anda, dan juga menjadikan lingkungan rumah lebih sejuk dan sehat. Sayur, buah-buahan, bahkan tanaman jamu yang ditanam sendiri pasti jauh lebih sehat dan berkualitas baik daripada yang kita beli di supermarket. Karena Anda tahu akan mengonsumsinya untuk keluarga, tentu Anda akan merawatnya dengan pupuk dan zat-zat yang natural kan? Jika Anda masih merasa berat, Anda bisa mulai dengan menanam dua jenis sayuran yang benar-benar Anda sukai.

Dua, Gunakan Pestisida Alami

merawat dan melindungi tanaman pestisida alami

Meskipun pestisida dapat melindungi tanaman, namun pestisida kimiawi dapat mencemari tanah, air dan vegetasi lainnya, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada burung, ikan, serangga yang menguntungkan, dan tanaman lain di sekitarnya. Hal ini dapat berdampak buruk pada penyerbukan, sehingga membuang seluruh ekosistem tidak seimbang.

Daripada menggunakan pestisida kimiawi, kenapa Anda tidak coba untuk menumbuhkan tanaman pintar yang menggabungkan atau membuat pestisida alami sendiri? Tahukah Anda jika Anda bisa menggunakan jenis-jenis makanan umum seperti bawang putih dan merica untuk memerangi spesies invasif tanpa merusak lingkungan atau kesehatan Anda?

Tiga, Menanam Rumput

merawat dan melindungi tanaman rumput

Rumput tidak hanya menyediakan spektrum warna yang indah, tetapi menumbuhkan rumput juga akan membantu melindungi spesies seperti skylarks, burung hantu, kelinci coklat, kupu-kupu dan lebah, yang semuanya bergantung pada habitat yang terancam ini untuk bertahan hidup. Selama 50 tahun terakhir, Indonesia telah kehilangan sekitar 98% dari padang rumput lebatnya karena banyak yang digunakan untuk membangun perumahan.

Anda tidak perlu berhektar-hektar tanah untuk membuat padang rumput mini sendiri, sebidang kecil rumput di teras rumah adalah semua yang Anda butuhkan untuk mulai menumbuhkan bunga liar dan menyediakan perlindungan dan makanan bagi sebagian satwa liar yang bisa membantu proses penyerbukan.

Empat, Mendukung Amal

merawat dan melindungi tanaman lewat amal

Mendukung badan amal satwa liar dapat membantu Anda menghemat dan melindungi tanaman di luar kebun belakang Anda sendiri dan terlibat dengan organisasi tidak pernah semudah ini. Baik itu menyumbangkan waktu atau uang Anda, ada banyak cara untuk membantu mendukung satwa liar di lingkungan Anda.

Baca juga: 17 Cara Sederhana untuk Mencegah Polusi Udara di Rumah Anda

Lima, Tetap Konsisten

merawat dan melindungi tanaman dengan konsistensi

Tahap terakhir namun paling penting dalam langkah merawat dan melindungi tanaman demi kesehatan lingkungan yang lebih baik yaitu tetap konsisten dengan cara hidup kita. Memulai perubahan memang tidak mudah, namun ketika Anda sudah memulai perubahan itu, Anda hanya perlu untuk selalu menguatkan niat agar konsisten dengan semua rencana perubahan tersebut. Jangan berhenti melakukan yang sudah Anda mulai!

Siap merawat dan melindungi tanaman? Merawat bumi secara tidak langsung akan membantu kita mengurangi pemakaian energi. Dengan merawat bumi, kita akan menghasilkan udara yang lebih sejuk, sehingga kita bisa mengurangi penggunaan AC, kipas angin dan peralatan listrik lainnya.

 

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top