skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Ajak Anak Anda Untuk Menyelamatkan Pohon, Ini 7 Caranya!

Ajak Anak Anda untuk Menyelamatkan Pohon, Ini 7 Caranya!

Jika Anda penggemar alam dan lingkungan, Anda mungkin sudah melakukan berbagai hal untuk melindungi planet ini setiap hari. Namun sudahkah Anda mengajarkan pada anak-anak bagaimana melindungi planet ini? Salah satu cara mudah untuk melindungi planet yaitu dengan menyelamatkan pohon. Kenapa?

Karena hutan menutupi hampir sepertiga permukaan bumi. Dan seperti yang kita tahu hutan merupakan habitat bagi sejumlah pohon, berbagai macam tanaman dan hewan, menyediakan orang-orang di seluruh dunia dengan makanan, bahan bakar, obat-obatan dan banyak lagi.

Tapi mungkin yang paling penting, hutan memberi kita oksigen dan memastikan bahwa suhu bumi dapat ditinggali. Apa yang bisa kita lakukan untuk membalas budi? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kita ajarkan pada anak-anak untuk dapat membantu menyelamatkan pohon.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat dan Melindungi Tanaman untuk Kesehatan Lingkungan yang Lebih Baik

  1. Gunakan kertas dengan bijak

menyelamatkan pohon dengan menggunakan kertas secara bijak

Kita dapat menghemat pohon agar tidak ditebang dengan menggunakan lebih sedikit kertas. Bagaimana bisa anak-anak membantu?

  • Buat tempat penyimpanan di rumah untuk kertas yang dapat digunakan kembali. JIka anak-anak membutuhkan kertas untuk menggambar atau coret-coret, ajak mereka mengambil di tempat tersebut.
  • Gunakan kertas bekas (sebaiknya juga didaur ulang) untuk mewarnai, menggambar, membuat sketsa, dll.
  • Gunakan kedua sisi kertas sebelum benar-benar dibuang.
  • Gunakan serbet kain alih-alih menggunakan tisu.
  • Pilihlah kotak makan siang yang dapat digunakan kembali alih-alih kantong kertas, lengkap dengan wadah yang dapat digunakan kembali, peralatan logam, serbet kain, dan botol air yang dapat digunakan kembali.
  1. Buat mainan sendiri

menyelamatkan pohon membuat mainan

Anak-anak memiliki jiwa eksplorasi yang tinggi. Mereka sebenarnya tidak butuh dibelikan mainan-mainan yang mahal. Sediakan saja barang-barang bekas dan biarkan kreativitas mereka mengubahnya menjadi mainan yang baru. Lihat saja sebagian anak-anak senang bermain dengan kardus, tali karet, tas plastik – bahkan kotak sepatu. Kotak dapat menjadi benteng dan markas superhero, gulungan kertas toilet bisa berubah menjadi teropong dan kotak sepatu bisa menjadi tempat penyimpanan yang cantik.

  1. Pinjam, bagikan, dan sumbangkan buku

menyelamatkan pohon dengan meminjamkan buku

Daripada membeli buku baru, kita bisa saling meminjam, membagikan dan menyumbangkan buku. Mendirikan perpustakaan mini di rumah yang tidak hanya bisa digunakan untuk anak-anak kita, namun juga teman-temannya memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sekedar membantu menyelamatkan pohon, tetapi juga membantu anak-anak lain yang tak memiliki koleksi buku untuk tetap berkesempatan membaca buku.

Baca juga: 5 Langkah Lanjutan Mengajarkan Hemat Listrik kepada Anak

  1. Tanam pohon

menyelamatkan pohon dengan menanam

Tidak perlu menunggu Hari Bumi untuk menanam pohon. Ajak anak-anak Anda untuk menanam pohon di rumah. Pilih pohon yang bisa dan cocok ditanam di lingkungan rumah, apakah itu pohon mangga, pohon jambu atau pohon-pohon lainnya.

  1. Kunjungi hutan

menyelamatkan pohon dengan mengunjungi hutan

Ajak anak untuk memberi penghormatan kepada pohon dan hutan dengan menghabiskan waktu bersama mereka. Kunjungi taman nasional, taman konservasi ataupun hutan lindung dan ajak anak-anak untuk memahami pentingnya hutan bagi kehidupan umat manusia.

  1. Tetap di jalan setapak

menyelamatkan pohon jalan di setapak

Ketika Anda mengunjungi hutan, tetaplah berjalan di jalan yang ditandai. Hal ini akan meminimalkan kerusakan pada area hutan belantara, serta melestarikannya untuk generasi mendatang.

  1. Jadilah duta pelindung hutan

menyelamatkan pohon menjadikan duta lingkungan

Ajak anak untuk menjadi duta pelindung hutan. Siapkan pin dengan gambar unik dan lantik mereka menjadi duta lingkungan keluarga ketika mereka berhasil menikmati aktivitas di hutan bersama ayah bundanya. Katakan pada anak-anak bahwa dengan menjadi duta lingkungan keluarga, mereka akan bisa membantu melindungi hutan, salah satunya mencegah kebakaran hutan. Ajarkan pada anak-anak untuk:

  • Menyadari bahwa setiap dari mereka mampu mencegah kebakaran hutan,
  • Selalu berhati-hati dengan api,
  • Jangan bermain dengan korek api,
  • Selalu awasi api unggun Anda, dan
  • Pastikan api unggun Anda benar-benar mati sebelum meninggalkannya.

Menyenangkan bukan 7 langkah untuk menyelamatkan pohon di atas? Semakin menarik Anda mengemas cara pengajarannya, semakin anak-anak akan menikmatinya. Selamat mendidik duta-duta lingkungan keluarga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top