skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Polusi Udara

7 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Polusi Udara

Di dunia yang kompleks saat ini, dengan bahan kimia berbahaya dalam segala hal yang kita beli, limbah elektronik mengisi tempat pembuangan sampah kita dan peningkatan eksponensial dalam mobil pembakaran bensin di jalan raya, ide untuk dapat mengurangi polusi udara tidak semudah mengkampanyekannya. Perlu keteguhan niat yang luar biasa untuk memulainya.

Langkah-langkah untuk Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara sendiri lebih dari sekedar kabut asap. Kualitas udara terkait dengan segalanya, dari asma pada anak-anak, sampai pemanasan global. Kita harus mau membuka mata selebar-lebarnya terhadap masalah polusi udara, karena ini tidak hanya membahayakan kesehatan kita sendiri tetapi kesehatan planet ini untuk generasi yang akan datang. Namun, masih ada waktu untuk membuat perbedaan. Dengan tujuh langkah mengurangi polusi udara di bawah ini, Anda dapat langsung mulai meningkatkan kualitas udara di rumah Anda dan di lingkungan sekitar Anda. Hal sederhana itu bisa membuat semua orang bernapas sedikit lebih lega.

Langkah 1: Pahami Penyebab Pencemaran Udara

mengurangi polusi udara dan penyebabnya

Setidaknya ada enam penyebab utama polusi udara di dunia, meliputi berkurangnya ozon di permukaan tanah, partikel, timbal, sulfur dioksida, nitrogen oksida dan karbon monoksida.

Meskipun kebanyakan orang telah mendengar tentang karbon monoksida, timbal dan partikel, mereka mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa sumber utama polusi udara saat ini adalah ozon di permukaan tanah. Tidak seperti lapisan ozon alami yang mengelilingi bumi dan membantu mengatur suhu dengan melindunginya dari sinar matahari yang berbahaya, ozon permukaan tanah terjadi ketika nitrogen oksida bercampur dengan senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Reaksi kimia yang mengikuti memancarkan ozon tingkat permukaan yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Penyakit pernapasan atas seperti asma, bronkitis, dan emfisema semuanya berhubungan dengan ozon di permukaan tanah.

Jadi di mana reaksi kimia ini terjadi? Di mana saja Anda memiliki uap bensin, asap knalpot mobil, penyimpanan besar agen kimia, dan pabrik atau emisi pabrik utilitas. Kurangi elemen kunci ini dan Anda dapat mengurangi jumlah ozon tingkat permukaan yang Anda alami.

Baca juga: Ini Alasan di Balik Kenapa Kita Perlu Menghemat Air

Langkah 2: Kurangi Penggunaan Mobil Anda

mengurangi polusi udara kurangi mobil

Mobil berkontribusi terhadap berkurangnya ozon di permukaan tanah. Pembuatan bensin membutuhkan pembakaran batu bara dan minyak yang menyebabkan peningkatan dioksida sulfur, salah satu dari enam penyebab utama polusi udara. Kilang minyak adalah produsen utama dioksida sulfur dan lebih banyak waktu yang dihabiskan di belakang kemudi mobil berarti lebih banyak polusi udara bagi semua orang untuk mendapat napas yang lebih lega.

Meskipun tidak mungkin sepenuhnya menghilangkan penggunaan mobil Anda, cobalah meminimalisir rute Anda agar tidak membuat banyak perjalanan ke lokasi yang sama. Jika Anda tinggal di dekat perhentian angkutan, buat komitmen untuk naik angkutan umum setidaknya satu hari seminggu untuk bekerja.

Langkah 3: Tanam Lebih Banyak Tanaman

mengurangi polusi udara dengan menanam banyak pohon

Mengurangi polusi udara bisa dengan menanam banyak tanaman rumah tangga, seperti bunga-bungaan atau pepohonan hijau. Tanaman ini bisa berperan dalam menghilangkan karbon monoksida dari udara. Bahkan tanaman bisa  membantu menghilangkan pilek berulang dan masalah pernapasan.

Beroperasi seperti hati manusia, tanaman sebenarnya menyaring bahan kimia berbahaya dan senyawa berbahaya dari udara, menyerap racun melalui pori-pori kecil di daun mereka dan “mencerna” polusi melalui batang, akar dan keluar melalui tanah.

Langkah 4: Gunakan Tenaga Matahari

mengurangi polusi udara dengan tenaga surya

Mulailah kurangi tenaga listrik. Terlihat tidak berbahaya, namun penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari secara berlebihan sejatinya bisa sangat membahayakan hidup kita dan generasi mendatang. Maka, mari mulai beralih ke tenaga matahari dengan memasang panel surya di atap rumah kita.

Panel surya hari ini memiliki banyak desain unik dan cara pemasangan yang mudah. Bahkan bisa berfungsi sebagai dekorasi exterior rumah Anda. Jika panel surya generasi sebelumnya ukurannya terlalu mencolok dan tidak sedap dipandang ketika bertengger di atas atap Anda, panel surya versi modern hadir dalam mode berwarna-warni dan dapat dipasang langsung ke genteng. Panel surya ini biasanya dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan lampu-lampu di rumah Anda, memanaskan air panas dan kebutuhan listrik harian lainnya.

Baca juga: Lakukan 10 Cara Ini untuk Menghemat Air demi Bumi yang Lebih Baik

Langkah 5: Lakukan Cek Rutin

Bahaya cat berbasis timbal telah dikenal sejak sekitar tahun 1970-an, namun, masalah lingkungan baru-baru ini seputar mainan impor telah menyebabkan semua orang untuk memikirkan kembali penggunaan timah dalam produk rumah tangga biasa.

Periksalah peralatan gas dan listrik Anda untuk memastikan tidak ada kebocoran di jalur atau celana pendek di kabel. Jangan membakar sampah atau menggunakan perapian Anda untuk menyingkirkan sampah berlebih. Yang paling penting, periksa label yang terdapat pada furnitur, item dekorator, dan mainan anak-anak. Jika Anda tidak yakin apakah item tersebut mengandung cat berbasis timbal, hubungi pabrik dan tanyakan. Jika memang mengandung timbal, segera singkirkan dari dalam rumah.

Langkah 6: Stop Berdebu!

mengurangi polusi udara dengan stop debu

Sebagian besar kabut cokelat tebal yang Anda lihat di daerah perkotaan besar adalah kombinasi debu dari lokasi konstruksi, asap dari pabrik, dan emisi dari mobil yang bercampur. Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengendalikan jumlah mobil di jalan atau jenis-jenis pabrik yang beroperasi, Anda dapat mengawasi halaman Anda melakukan pembersihan di wilayah Anda untuk menghilangkan debu. Hal ini sangat penting jika Anda menggunakan banyak pupuk kimia atau perawatan lain di tanah karena bahan kimia tersebut akan bercampur dengan yang lain di udara dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih besar.

Jika Anda memiliki area taman di halaman Anda, pastikan kondisinya tetap lembap dan tidak dibiarkan benar-benar kering karena dapat menciptakan debu. Jika Anda belum siap untuk menanam, taburi daerah tersebut dengan air setiap beberapa hari untuk menjaga debu tetap terkendali. Lebih baik lagi, tutup dengan terpal plastik agar tanah tidak mengering.

Langkah 7: Nyaman tanpa Berpolusi

mengurangi polusi udara dengan stop ac

Karena pembangkit listrik berkontribusi pada karbon monoksida dan nitrogen oksida, pembakaran batu bara dan minyak bumi menghasilkan ozon di permukaan tanah dan dioksida sulfur, serta penggunaan sistem pendingin bertenaga gas dapat meningkatkan kadar karbon monoksida interior ke tingkat berbahaya. Maka ketika Anda merasa kepanasan, mengapa tidak mengurangi menggunakan AC di kamar Anda dan lakukan langkah-langkah mendinginkan kamar tanpa AC?

Perubahan sederhana mengurangi polusi udara dapat membuat perbedaan besar dalam jumlah polusi udara yang Anda hadapi. Mulailah dari yang kecil dan kembangkan kesuksesan Anda. Segera, kita semua akan bernapas lega.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top