skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
7 Cara Asyik Untuk Menghemat Energi

7 Cara Asyik untuk Menghemat Energi

Manusia adalah makhluk kebiasaan, termasuk juga soal menghemat energi. Tentu saja alangkah baiknya jika kebiasaan yang ditanamkan sepanjang waktu adalah hal yang baik. Tapi kadang-kadang, kita terjebak pada kebiasaan melakukan hal buruk yang sama berulang kali. Begitu juga menyangkut penggunaan energi listrik.

Karena kita telah terbiasa menggunakan energi tanpa berpikir dampak ke depannya, kita kurang sadar bahwa energi di bumi ini perlahan mulai menipis. Jadi mari kita lakukan sedikit perubahan dan gunakan cara-cara menyenangkan ini untuk menghemat energi:

  1. Berjalan-jalan bukannya menonton TV

menghemat energi kumpul manusia

Apa yang Anda lakukan hampir setiap saat setelah Anda makan malam? Biasanya Anda menyalakan televisi kan? Kenapa tidak berikan istirahat sejenak untuk TV Anda dan berkumpullah dengan keluarga, teman, dan tetangga Anda sebagai gantinya. Yakin deh, berkumpul dengan sesama manusia jauh lebih menyenangkan daripada berjam-jam di depan layar kaca.

Baca juga: 20 Tips Singkat untuk Menghemat Energi Tanpa Biaya

  1. Jadwalkan pemadaman listrik Anda sendiri

Apa yang akan Anda lakukan jika listrik tiba-tiba padam selama 4-6 jam? Pasti sangat menyebalkan bukan? Seluruh aktivitas bisa jadi sangat terganggu. Nah, mungkin Anda perlu berpura-pura bahwa pemadaman listrik sedang benar-benar terjadi pada Anda. Untuk mengurangi kebosanan, mainkan permainan papan bersama keluarga Anda, atau Anda bisa maik petak umpet dengan anak-anak. Tentu saja masih banyak kegiatan menyenangkan lainnya. Kira-kira kegiatan apa yang terlintas dalam pikiran Anda?

  1. Bekerja dari rumah

menghemat energi bekerja di rumah

Tahukah Anda jika ternyata  biaya pemakaian energi saat menggunakan listrik untuk bekerja dari rumah jauh lebih sedikit daripada untuk pulang-pergi bagi sebagian besar pekerja. Jika memungkinkan, cobalah bicara dengan atasan Anda untuk melakukan uji coba selama 4 minggu mengenai hal ini dan lihat bagaimana kelanjutannya. Pastikan Anda melakukan yang terbaik, pekerjaan paling produktif.

Baca juga: Lakukan 4 Langkah Sederhana Penghematan Energi Ini di Rumah!

  1. Buatlah kompetisi makanan mentah

menghemat energi dengan makanan mentah

Tahukah Anda jika makanan mentah sekarang mulai menjadi tren dalam gaya hidup sehat? Kenapa tidak Anda mencoba untuk mengatur acara dengan teman dan tetangga Anda. Idenya adalah bahwa setiap orang membuat makanan sendiri tanpa menggunakan peralatan apa pun. Berikan hadiah kepada pemenang, tak perlu mahal, yang penting ada kepuasan yang mereka dapatkan karena mereka telah membuat hidangan terbaik, meski tanpa menggunakan peralatan apa pun.

  1. Berkumpul bersama orang lain untuk menonton acara TV favorit bersama

menghemat energi menonton tv bersama

Apakah tetangga Anda juga menonton acara yang sama dengan Anda pada waktu sama? Kenapa tidak Anda menghemat energi mingguan dengan menonton acara tersebut bersama-sama? Anda akan bersenang-senang juga karena semua orang bisa mendapatkan hal-hal yang berbeda dari acara yang sama.

Baca juga: Manfaat Konservasi Energi dari Segi Lingkungan

  1. Pilih tirai yang tepat untuk jendela Anda

menghemat energi dengan tirai tepat

Pilih tirai yang bisa menyaring sinar matahari namun juga tetap bisa memberikan kehangatan untuk ruangan di rumah Anda. Tirai yang baik dapat menghalangi sinar matahari masuk berlebihan sehingga rumah Anda tetap terasa sejuk meski hanya menggunakan lebih sedikit AC. Kamar Anda juga akan tetap hangat di musim dingin.

  1. Buat unit AC Anda sendiri

menghemat energi ac buatan sendiri

Sekarang inilah masalahnya – Anda tidak harus menjadi MacGyver untuk mewujudkannya. Yang Anda butuhkan adalah investasi sebesar kurang lebih Rp 300.000, kipas, ember, dan beberapa jam untuk membuat sistem AC Anda sendiri. Lihat video YouTube ini untuk melihat bagaimana cara tersebut bekerja.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Kenpaa Konservasi Energi Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup Anda!

Apakah Anda siap untuk bersenang-senang di dalam hidup? Anda akan menghemat energi lebih banyak saat Anda merasa hal-hal tersebut menyenangkan, dan hei, Anda juga akan melepas beban berat dari pundak Anda! Asyik kan?

 

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top