skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Lakukan 10 Cara Ini Untuk Menghemat Air Demi Bumi Yang Lebih Baik

Lakukan 10 Cara Ini Untuk Menghemat Air demi Bumi yang Lebih Baik

Membicarakan soal konservasi energi, tidak melulu soal menghemat listrik. Hal-hal lain seputar energi juga harus kita perhatikan, misalnya tentang penggunaan air. Nah, kali ini tim Konservasi Energi mau berbagi tips tentang cara menghemat air.

Tips ini berdasarkan survey dari beberapa teman dan kolega yang telah berhasil untuk mengurangi penggunaan air di rumahnya. Kenapa kita harus menghemat air? Karena perlahan jumlah air di bumi semakin menipis. Pohon-pohon sudah banyak yang ditebangi berganti dengan perumahan, air tanah pun semakin dalam. Lihat saja di beberapa tempat malah ada yang kekeringan. Di Semarang beberapa waktu lalu sempat juga terjadi kekurangan air, bahkan PDAM sempat mati berminggu-minggu karena debit air yang berkurang.

Dengan segala fakta yang ada, maka sudah sepatutnya kita mulai menghemat penggunaan air agar anak cucu tetap bisa mendapatkan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka kelak.

Baca juga: Ajarkan 5 Cara Menghemat Listrik Berikut kepada Anak-anak!

Mudah Menghemat Air dari Rumah

Inilah 10 tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat air di rumah:

menghemat air siram tanaman

  1. Matikan keran saat kita menyikat gigi. Cara ini ternyata dapat menghemat 6 liter air per menit.
  2. Jika Anda masih menggunakan toilet jongkok, pastikan untuk menggantinya ke model yang lebih baru. Sekarang sudah ada toilet jongkok yang bisa diguyur otomatis, khususnya bagi mereka yang tidak nyaman menggunakan toilet duduk. Jika belum memungkinkan untuk mengganti toilet, gunakan air secukupnya untuk menyiram toilet.
  3. Mandi lebih singkat. Tahukah Anda jika mandi shower dapat disesuaikan penggunaan airnya, antara 6 hingga 45 liter per menit. Pertimbangkan untuk mendapatkan kepala pancuran dengan jenis aerasi, yang menggabungkan air dan udara, atau gunakan regulator di kamar mandi Anda, sehingga bisa memberikan batas atas pada laju aliran.
  4. Selalu cuci baju dengan muatan maksimal yang bisa ditampung oleh mesin cuci. Selain menghemat tenaga, cara ini juga bisa menghemat listrik dan air.
  5. Perbaiki keran yang rusak dan tak henti menetes. Keran yang menetes dapat membuang 15 liter air setiap hari, atau 5.500 liter air per tahun.
  6. Pasang penampung air pada pipa pembuangan Anda dan gunakan air yang tertampung untuk menyiram tanaman Anda, untuk mencuci mobil Anda dan membersihkan jendela Anda. Penampung air bisa mengumpulkan sekitar 5.000 liter per tahun.
  7. Lebih baik sirami kebun Anda dengan ember penyiram, daripada menggunakan selang. Jika Anda menggunakan selang air untuk menyiram, Anda bisa menghabiskan 1.000 liter air per jam. Banyak kan? Membasahi tanaman Anda (dengan potongan kulit kayu, kompos berat atau jerami), menyiram di pagi hari dan sore hari akan mengurangi penguapan dan juga menghemat air.
  8. Isi botol atau teko dengan air galon dan letakkan di dalam kulkas Anda. Dengan cara ini berarti Anda tidak perlu menggunakan galon yang stop kontaknya selalu menempel di sumber listrik. Anda bisa menghemat air sekaligus menghemat listrik kan?
  9. Selalu cek meteran air Anda. Pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi. Jika ada, segera hubungi petugas yang berwenang.
  10. Ketika Anda perlu mengganti produk rumah tangga, lakukan sebuah investasi terdepan dengan cara membeli barang yang hemat air. Di era teknologi seperti sekarang, Anda bisa mendapatkan pancuran air yang hemat air, keran, toilet, mesin cuci, mesin pencuci piring dan banyak produk hemat air lainnya.

Baca juga: 7 Cara Asyik Menghemat Energi

Meskipun saat ini di Indonesia, air masih cukup memenuhi kebutuhan, namun bukan berarti kita bisa menggunakannya tanpa pemikiran yang bijak. Dengan menggunakan lebih sedikit air sebenarnya Anda telah:

  • Mengurangi penggunaan energi. Membersihkan air limbah (atau ‘air abu-abu’, seperti namanya) merupakan sebuah proses intensif energi; begitu juga memanaskan air panas yang keluar dari keran Anda.
  • Menabung. Jika Anda hobi mengecek meteran air, kiat-kiat di atas dapat menghemat tagihan rekening air Anda, meski mungkin tidak cukup banyak.

Jadi siap untuk menghemat air kan mulai sekarang? Demi bumi yang lebih baik dan sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top