skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Manfaat Konservasi Energi Dilihat Dari Segi Lingkungan

Manfaat Konservasi Energi Dilihat Dari Segi Lingkungan

Pastinya tidak banyak orang yang mempertanyakan bagaimana penggunaan listrik di rumah berkaitan dengan emisi gas rumah kaca (GRK). Berbeda dengan pembakaran bahan bakar fosil secara langsung yang terjadi ketika kita mengemudi, kita tidak selalu mengenali emisi yang masuk ke atmosfer sebagai akibat dari penggunaan listrik sehari-hari kita. Dengan sadar akan bahaya gas rumah kaca, setidaknya kita akan lebih mau belajar tentang manfaat konservasi energi.

Namun, dampak lingkungan dari praktik hemat energi di rumah seseorang dapat menjadi signifikan: sektor domestik negara kita menghasilkan sekitar 21% emisi gas rumah kaca nasional pada tahun 2014. Dari itu, 68% emisi perumahan adalah hasil penggunaan listrik, dengan bahan bakar fosil langsung. pembakaran untuk pemanasan rumah yang membentuk 32% lainnya. Ketika Anda mempertimbangkan bahwa persentase besar emisi GRK rumah tangga terkait dengan penggunaan listrik, menjadi jelas bahwa langkah-langkah efisiensi energi rumah dapat menghasilkan pengurangan emisi GRK yang signifikan.

Baca juga: 6 Cara Teknik Konservasi Energi Alternatif

Dalam banyak kasus membahas manfaat konservasi energi, uang yang Anda hemat dari penerapan langkah-langkah hemat energi diterjemahkan secara langsung ke dalam emisi GRK yang lebih sedikit karena sifat pembangkit listrik. Misalnya, listrik untuk penerangan mencapai sekitar 20% dari tagihan listrik rata-rata. Jika Anda mengganti bohlam lampu pijar Anda dengan bola lampu LED yang memenuhi syarat Energy Star, Anda dapat mengurangi jumlah listrik yang Anda gunakan untuk menerangi rumah Anda sebesar 75%. Jika satu bohlam lampu pijar diganti dengan bohlam LED di setiap rumah Amerika, itu akan menghemat listrik dalam setahun untuk menggerakkan 3 juta rumah, yang akan mengurangi emisi tahunan setara dengan mengambil 800.000 mobil dari jalan. Lampu LEDjuga menawarkan manfaat lingkungan dalam mengurangi emisi merkuri, memerangi kekhawatiran yang berkembang baik di habitat air tawar dan laut.

Mengapa Menghemat Energi Penting untuk Lingkungan?

manfaat konservasi energi 1

 

Sebagian besar pembangkit listrik di dunia saat ini kebanyakan menggunakan pembangkit listrik termal, yang membakar bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas alam, bahan bakar nabati, atau bahan bakar nuklir untuk memanaskan air dan menghasilkan uap. Uap memutar turbin untuk menghasilkan listrik, yang kemudian dimasukkan ke dalam jaringan utilitas. Ketika kita membakar bahan bakar fosil untuk listrik, otomatis kita juga memproduksi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Baca juga: 10 Metode Praktis Konservasi Energi

Pada tahun 2015, sekitar 66% listrik yang dihasilkan dalam fasilitas skala utilitas berasal dari batu bara atau gas alam. 20% lainnya berasal dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Semua pembangkit listrik itu menghasilkan 37% emisi karbon dioksida yang berkaitan dengan energi dunia tahun 2015. Ketika Anda meningkatkan efisiensi energi di rumah Anda, Anda membutuhkan lebih sedikit listrik dan dengan demikian lebih sedikit bergantung pada pembangkit listrik intensif karbon. Ini mengurangi permintaan rumah Anda dari pabrik, yang pada gilirannya menguntungkan lingkungan dengan mengurangi emisi karbon dioksida mereka. Ternyata dari satu hal kecil yang Anda bisa lakukan, ada manfaat konservasi energi yang bisa Anda rasakan langsung hasilnya kan?

Bagaimana Efisiensi Energi dan Ukuran Hunian Hijau Lainnya Membantu Lingkungan?

manfaat konservasi energi 2

Mengurangi penggunaan energi Anda dapat menurunkan jumlah listrik yang perlu diproduksi oleh utilitas Anda, yang dapat secara efektif mengurangi emisi gas rumah kaca pribadi Anda (dan jejak karbon Anda) dengan langkah-langkah efisiensi energi. Selain manfaat keuangan dan lingkungan langsung dari penerapan langkah-langkah efisiensi energi, menggabungkan efisiensi energi dengan praktik “hijau” lainnya dapat menawarkan keuntungan lebih jauh.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Menjalankan Konservasi Energi

Misalnya, penghematan tagihan listrik Anda dapat dialihkan ke dalam pengisian kendaraan listrik, yang selanjutnya memberi kontribusi pada penghematan rumah tangga pada pengeluaran bahan bakar dan listrik. Pemilik panel surya juga dapat menghasilkan surplus kredit metering bersih yang lebih tinggi, yang dapat memangkas biaya energi tahunan lebih jauh. Karena berbagai manfaat konservasi energi, menerapkan praktik hemat energi di rumah harus dan telah menjadi prioritas yang berkembang di antara pemilik rumah dan penyewa. Baik pemilik rumah dan penyewa harus sama-sama cerdas dalam melakukan penghematan energi.

 

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top