skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Bagaimana Kelestarian Pohon Membantu Konservasi Energi?

Bagaimana Kelestarian Pohon Membantu Konservasi Energi?

Selain meningkatkan kualitas udara di bumi yang kita tinggali, kelestarian pohon bisa membantu kita menghemat energi. Konservasi energi memang sangat bagus untuk lingkungan dan dompet Anda!

Pepohonan membantu menahan panas di musim penghujan yang dingin dan menyejukkan kita di musim panas, yang berarti kita dapat mengurangi tagihan pemanas dan pendingin udara kita.

Bagaimana pohon-pohon itu membantu kita melakukannya? Di musim penghujan, pohon bertindak sebagai penyangga terhadap angin dingin. Angin adalah penyebab utama kehilangan panas dari bangunan di musim dingin, memaksa kita untuk mengubah tungku kita agar tetap hangat. Jika pohon ditanam di tempat yang tepat di dekat rumah dan bangunan lain, pohon dapat mengurangi kehilangan panas ini, sehingga kita bisa lebih menghemat energi dalam penggunaan pemanas ruangan.

kelestarian pohon dan konservasi energi

Di musim kemarau, pohon memiliki efek sebaliknya, mendinginkan kita melalui berbagai metode. Sekali lagi, efek penyangga angin mereka ikut mendukung proses ini, tetapi kali ini pepohonan melindungi bangunan dari udara hangat. Karena pohon secara aktif mendinginkan udara di sekitarnya dan mencegat panas radiasi dari matahari, apapun yang ditemukan di keteduhannya akan lebih dingin daripada segala sesuatu yang berada di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga: Tahukah Anda Pentingnya Penanaman Pohon untuk Konservasi Energi?

Ranting-ranting pohon dan dedaunan, terutama pohon-pohon cemara, dapat mengarahkan angin dingin pada musim penghujan menjauh dari bangunan-bangunan di dekatnya. Pohon adalah mesin pendingin udara dari dunia tumbuhan, karena area besar yang dinaungi oleh mereka dan sejumlah besar daun yang melepaskan uap air, yang mendinginkan udara. Rumput, semak, dan jenis vegetasi lainnya juga mendinginkan udara dengan melepaskan uap air.

Kelestarian pohon juga memberikan keteduhan, sehingga kita bisa duduk-duduk santai di luar dan mencegah semua permukaan yang keras (trotoar, jalan, bangunan) di kota dari menyerap energi matahari dan memanas. Pada akhirnya, daun-daun si pohon akan bertindak sebagai AC alami, menguapkan kelembaban dari permukaannya dan menyerap panas dalam prosesnya. Menurut Departemen Kehutanan, penguapan kelembaban yang dilakukan oleh satu pohon besar dapat memiliki efek yang sama dengan 10 AC berukuran kamar yang beroperasi sepanjang hari!

kelestarian pohon hutan

Untuk memaksimalkan manfaat naungan pohon, cobalah strategi penanaman pohon berikut:

  • Tanam pepohonan rindang pada sisi timur, selatan, dan barat pada struktur rumah Anda. Naungan dari pohon-pohon ini akan menghalangi sinar matahari selama bulan-bulan musim kemarau, tetapi mereka akan memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah selama bulan-bulan musim penghujan ketika panas radiasi bisa bermanfaat. Tanam setidaknya 20 kaki dari struktur rumah untuk memungkinkan ruang tumbuh yang cukup.
  • Di area samping AC, tanam pohon atau semak besar di sisi selatan atau barat setidaknya 10 kaki. Mematikan unit dari sinar matahari langsung akan mengurangi jumlah energi yang digunakan untuk mendinginkan bangunan.
  • Tanam pohon di sepanjang jalan di mana mobil diparkir untuk mengurangi suhu interior, mengurangi jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk mendinginkan kendaraan.

kelestarian pohon mendukung konservasi

Baca juga: Kiat Asyik dan Praktis untuk Melestarikan Pepohonan

Vegetasi mendinginkan udara, dan penggunaan pepohonan dan lansekap yang berbeda membantu mengurangi konsumsi energi sepanjang tahun. Angin pada musim penghujan cenderung menembus bingkai pintu dan jendela dan meningkatkan permintaan pada pemanas untuk mempertahankan suhu dalam ruangan yang nyaman. Pohon cemara atau pohon-pohon sejenis adalah kandidat terbaik untuk vegetasi hidup di luar rumah. Dengan menanam dinding pepohonan hijau dengan ketinggian dewasa yang bervariasi di sisi utara bangunan rumah, beberapa angin dingin dapat dialihkan, sehingga bisa menghasilkan tagihan utilitas yang lebih rendah karena biaya pemanasan yang berkurang.

Namun untuk bisa mendukung konservasi energi, maka kita harus melakukan penanaman pohon pada tempat yang tepat. Manfaat konservasi energi bervariasi tergantung di mana Anda menanam pohon, dan meningkat secara eksponensial dengan ukuran pohon. Ada banyak sumber daya di luar sana untuk membantu Anda mengetahui cara mendapatkan hasil maksimal dari hutan kota Anda. Jadi sebelum Anda menanam dan melakukan gerakan kelestarian pohon, lakukan penelitian terlebih dulu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top