skip to Main Content
082 328 333 439 solichan@unimus.ac.id
Ini Alasan Di Balik Kenapa Kita Perlu Menghemat Air

Ini Alasan Di Balik Kenapa Kita Perlu Menghemat Air

Sebenarnya cukup aneh jika kita mempertanyakan kenapa perlu menghemat air. Sedang faktanya, 71% dari bumi tertutup air. Setelah mengingat fakta tersebut, perlukah kita bertanya kenapa kita harus melestarikan air?

Kita harus pahami terlebih dahulu alasan di balik penghematan air, tidak lain karena beberapa hal berikut:

  • 97% dari semua air di bumi adalah air asin, yang tidak cocok untuk diminum.
  • Hanya 3% dari semua air adalah air tawar, dan hanya 1% tersedia untuk minum.
  • 2% dari sumber air tawar yang tersedia dikunci dalam lapisan es dan gletser.

Dengan pertumbuhan populasi dan persentase kecil dari semua air di bumi, tentu saja sangat masuk akal mengapa kita harus melestarikan sumber daya yang berharga ini.

Konservasi air berarti menggunakan persediaan air kita yang terbatas dengan bijaksana dan merawatnya dengan benar. Karena masing-masing dari kita bergantung pada air untuk mempertahankan kehidupan, adalah tanggung jawab kita untuk belajar lebih banyak tentang konservasi air dan bagaimana kita dapat membantu menjaga sumber-sumber kita tetap murni dan aman untuk generasi yang akan datang.

 

Baca juga: Lakukan 10 Cara Ini Untuk Menghemat Air demi Bumi yang Lebih Baik


Mengapa Menghemat Air?

Pasokan air yang dapat digunakan terbatas (kita tidak memiliki persediaan tak terbatas) yang berarti bahwa konservasi air bukanlah pekerjaan yang hanya diperuntukkan bagi teknisi, ilmuwan tanah, ahli hidrologi, rimbawan, pengelola margasatwa, ilmuwan tanaman, perencana kota, pengelola taman, petani, peternak, atau pemilik tambang – sebagai gantinya terserah cara kita masing-masing untuk menghemat air. Beberapa alasan mengapa kita harus bekerja untuk menghemat air adalah:

menghemat air dan alasannya

  1. Menghemat air meminimalkan efek kekeringan dan kekurangan air. Dengan mengurangi jumlah air yang kita gunakan dan buang, kita bisa lebih baik membantu menghadapi masa-masa kekeringan di masa depan. Meskipun kebutuhan kita akan sumber air bersih selalu meningkat (karena populasi dan pertumbuhan industri), pasokan yang kita miliki tetap konstan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa meskipun air akhirnya kembali ke bumi melalui siklus air, itu tidak selalu kembali ke tempat yang sama, atau dalam kuantitas dan kualitas yang sama.
  2. Persiapan terhadap meningkatnya biaya dan konflik politik. Gagal menghemat air pada akhirnya dapat menyebabkan kurangnya pasokan air yang memadai dan sehat, yang dapat memiliki konsekuensi drastis dalam meningkatnya biaya, berkurangnya persediaan makanan, bahaya kesehatan dan konflik politik.
  3. Membantu melestarikan lingkungan kita. Mengurangi penggunaan air bisa mengurangi energi yang dibutuhkan untuk memproses dan mengirimkannya ke rumah, bisnis, pertanian, dan masyarakat, yang pada gilirannya membantu mengurangi polusi dan menghemat sumber bahan bakar.
  4. Tersedia di masa depan untuk tujuan rekreasi. Ini bukan hanya kolam renang, spa dan lapangan golf yang harus kita pikirkan. Sebagian besar sumber daya air tawar kita juga digunakan untuk mempercantik lingkungan, seperti menyiram rumput, pepohonan, bunga, dan kebun sayur, serta mencuci mobil dan mengisi air mancur umum di taman. Gagal menghemat air sekarang dapat berarti kehilangan penggunaan yang menyenangkan dan indah di kemudian hari.
  5. Membangun komunitas yang aman dan indah. Petugas pemadam kebakaran, rumah sakit, pompa bensin, pembersih jalan, klub kesehatan, pusat kebugaran, dan restoran semua membutuhkan sejumlah besar air untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Mengurangi penggunaan air sekarang berarti bahwa layanan ini dapat terus disediakan.

Baca juga: 20 Tips Singkat untuk Menghemat Energi tanpa Biaya

Konservasi air membutuhkan pemikiran dan upaya. Usaha dan pemikiran sedikit apapun bisa membantu, jadi jangan berpikir bahwa apa yang Anda lakukan tidak penting. Kita semua harus membuat perubahan dalam gaya hidup kita yang akan mengubah jalannya penggunaan air kita, melestarikan kualitasnya dan membuat pelestarian jalan hidup – bukan hanya sesuatu yang kita pikirkan sesekali.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top